NAVIGASI

Minggu, 29 April 2012

POHON BIDARA (SIDR)




Bagi anda yang penasaran sejak dulu, inilah oleh oleh saya dari Makkah:


POHON BIDARA (SIDR)

DISKRIPSI HADITS:
وقد نهي الرسول الكريم «صلى الله عليه وسلم» عن قطع أشجار السدر البرية وحذر من عاقبة ذلك، فقد جاء في سنن أبى داود عن عبدالله بن حبشي، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : «من قطع سدرة صوب الله رأسه في النار». وسئل أبو داود عن معنى هذا الحديث فقال : هذا الحديث مختصر، يعنى أن من قطع سدرة في فلاة يستظل بها ابن السبيل والبهائم عبثا وظلما بغير حق يكون له فيها، صوب الله رأسه في النار.

Artinya:”Rasulullah saww telah melarang memotong (menebang) pohon pohon SIDR yang tumbuh ditanah liar, tanah kosong, atau padang pasir. Dan Rasul juga memberi peringatan atas konsekwensi bagi pemotong pohon SIDR tsb.
Telah ada sebuah hadis dalam kitab sunan Abi Dawud yang diriwayatkan oleh Abdullah bin habsyi. Dia berkata:”Rasulullah saw bersabda;
“Barang siapa yang memotong (menebang. penj) pohon SIDR, maka Allah swt akan mengarahkan (memasukkan) kepala orang tsb ke dalam api neraka…”
Imam Abu Dawud ditanyai tentang makna hadis ini. Beliau menjawab;”Hadis ini sangat ringkas. Maksudnya adalah;”Barang siapa yang memotong pohon SIDR dengan tanpa guna dan dzalim tanpa hak didalamnya, yang tumbuh di tanah lapang/padang pasir yang daunnya rindang, sehingga bisa untuk berteduhnya para pejalan atau binatang, maka Allah akan mengarahkan kepalanya orang tsb ke api neraka
Dalam prosesi pemandian mayat seorang muslim, nabi juga bersabda:
و في الحديث الصحيح الذي رواه الستة وأحمد عن ابن عباس أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " اغسلوه بماء وسدر ..... الحديث.
(ومزجه بالماء والمراد بالسدر: ورق شجر معروف، وليس خاصاً بسدر مكة أو المدينة).

Nama Latin untuk pohon bidara (sidr) adalah Zizyphus spinachristi meski dalam artikel ways of treating sihr berbahasa Inggris selalu disebutkan istilah “green lotus leaves”, ternyata nama populer untuk species tumbuhan ini adalah Crhist’s Thorn, Christ’s Thorn Jujube, Syirian Christ’s Thorn, atau Arabian Jujube.

Bahasa jawanya GODONG WIDORO (kyai language).


- قال ابن القيم: أنه ينفع من الإسهال ويسكن الصفراء ويغذي البدن ويشهي الطعام وينفع الذرب الصفراوي وهو بطيء الهضم وسويقه يقوي الحشا، وهو يصلح الأمزجة الصفراوية.


Semoga bermanfaat.
Salam Aswaja !!

► Copas Download Save it!
█║▌│█│║▌║││█║▌║▌║
Verified Official by Kaheel’s

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Bagikan