NAVIGASI

Selasa, 28 Februari 2012

ARSY TERGUNCANG DAN BERGETAR

Denah makam Sa'ad bin Mu'adz
     
ιllιlı.ιllιlı.ιllιlı 'ARSY TERGUNCANG DAN BERGETAR ιllιlı.ιllιlı.ιllιlı

✔ Pantaskah menjadi tempat tinggal Allah?
----------------------------------------------------

► Sahabat nabi yang bernama Sa’ad bin Mu’adz di lahirkan di madinah 32 tahun sebelum hijrah nabi. Yaitu perkiraan tahun 590 M.
Beliau memeluk agama islam pada usia 31 thn ditangan Mash’ab bin ‘umair pada tahun 1 H. atau 622 M. dalam riwayat lain beliau masuk islam sebelum hijrah nabi. Wallahu a’lam.
Dalam buku buku sejarah disebutkan bahwa beliau mempunyai postur tubuh tinggi, gemuk nan kekar dan berkulit putih.
Beliau adalah seorang pahlawan dalam perang Badar, Uhud dan Khandak.
Namun akhirnya1 bulan setelah perang khandak beliau tutup usia karena pendarahan yang dideritanya akibat luka anak panah yang mengenai pembuluh darahnya.
Beliau meninggal dunia di Madinah dalam usia 37 pada tahun 5H atau 627M.. Nabi Muhammad Saww memimpin sholatnya dan dikebumikan di area pemakaman suci madinah, yaitu Jannatul Baqi’ Al Ghorqod.

✔ Berikut hadis hadis yang merekam beliau saat meninggal dunia:


1. Rafi` al-Zargi menceritakan bahwa salah seorang kaumnya memberitahu bahwa Jibril telah mendatangi Nabi Saw di tengah malam dengan mengenakan ikat kepala dari sutra tebal, lalu Jibril bertanya, "Jenazah siapa gerangan yang telah membuka pintu langit dan menggoncangkan Arsy?" Beliau segera berdiri menemui Sa'ad bin Mu'adz dan menemukannya telah gugur.

2. Dalam riwayat lain Hasan Al-Bashri berkata, "Sa'ad bin Mu`adz telah menggoncangkan 'Arsy Zat Yang Maha Pengasih, karena gembira dengan kedatangan ruhnya." (Kedua riwayat ini diceritakan oleh Al-Baihaqi).

3. Sayyidah Aisyah bercerita, bahwa nabi pernah berkata:”Seandainya ada orang yang selamat dari himpitan kubur, niscaya Sa’ad lah orangnya.

4. Dan juga mutawatir dari nabi, yaitu:”Sesungguhnya Arsy bergetar dikarenakan kematian si Sa’ad, karna gembira menyambut kedatangan ruhnya. (HR. Bukhari *manaqibul anshor*-Muslim *fadhoilus shohabah*-Tirmidzi *fi manaqib*-Ibnu majjah *moqddimah*).

5. Dalam riwayat lain diceritakan bahwa Jibril tiba-tiba menemui Nabi Saw lalu bertanya, "Siapakah hamba sholih yang meninggal sehingga pintu-pintu langit terbuka dan `Arsy terguncang?" Nabi kemudian keluar, ternyata Sa'ad bin Mu`adz telah wafat (saat itu). Kemudian nabi duduk disisi kuburannya. (HR. Ahmad, Al hakim, Baihaqi, Nasa’i).
--------------------------------------------------------------------
✔ Saya sertai foto denah makam beliau, maksud hati agar lebih mudah pencariannya, namun maaf jika kurang jelas, karena saya tidak mempunyai gambar yang obyek nya lebih jelas lagi dari ini. Atau anda bisa lihat langsung dalam kitab berwarna yang berjudul “BAQI’ AL GHORQOD” karya dua penulis ahli, yaitu Ir. Hatim Umar Toha dan Dr. Anwar Al Bakry. Hal.79:[9].

✔ Saya terakhir berziarah ke makam beliau tgl 22 april 2011 lalu.
--------------------------------------------------------------------
Semoga bermanfaat,,
Salam Aswaja !!


►Jgn lupa Copas Download
█║▌│█│║▌║││█║▌║▌║
Verified Official by Kaheel’s
      

                                                    

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Bagikan