NAVIGASI

Kamis, 01 Maret 2012

SCAN kitab shohih bukhari halaman 173 juz IV Bab ALAMATIN NUBUWWAH FIL ISLAM




By Kaheel Baba Naheel

SCAN kitab shohih bukhari hlm.173 juz IV Bab “ALAMATIN NUBUWWAH FIL ISLAM”

Redaksi hadits nya cukup menarik yang memuat kejadian ganjil pada jaman nabi, sehingga bagi manusia yang bodoh akan di anggap cerita tahayul dan mengada ngada seperti film/sinetron ala Indonesia.

Terjemahan hadits tersebut kurang lebihnya seperti ini:

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim,
Telah menceritakan kepada kami Abdul Wahid bin Aiman.
Dia berkata:”Saya mendengar dari ayahku, yang bersumber dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhuma bahwa;

Nabi sholollohu alaihi wa sallam pada suatu hari jum’at berdiri (khutbah) pada sebuah pohon atau pohon kurma, kemudian ada seorang perempuan atau lelaki dari anshar mengatakan:”Wahai Rasulallah… perkenankanlah kiranya kami membuatkan untukmu sebuah mimbar?”
Beliau menjawab:”Kalau kalian mau…(silahkan-pent).

Maka kemudian mereka membuatkannnya sebuah mimbar itu untuk nabi.
Ketika hari jum’at tiba, nabi menaiki mimbar itu, dan tiba tiba pohon kurma itu menjerit dan menangis seperti jeritan anak kecil, maka nabi-pun turun dari mimbarnya kemudian memeluk erat pohon kurma itu, ia pun merintih seperti rintihan anak kecil yang ingin ditenangkan.

Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhuma berkata;
“Pohon kurma itu menangis atas apa yang ia dengarkan dari isi khutbah nabi itu yang berada disisinya”.
-------------------------------------------------------

TERUSAN dihalaman berikutnya dari hadits diatas sbb:

حدثنا اسمعيل قال حدثني أخى عن سليمان بن بلال عن يحي بن سعيد قال أخبرنى حفص بن عبيدالله بن أنس بن مالك انه سمع جابر بن عبد الله يقول كان المسجد مسقوفا على جذوع من نخل فكان النبي صلى الله عليه وسلم اذا خطب يقوم الى جذع منها فلما صنع له المنبر وكان عليه فسمعنا لذلك الجذع صوتا كصوت العشار حتى جاء النبى صلى الله عليه وسلم فوضع يده عليها فسكنت.

Terjemahan langsung haditsnya:
Anas bin malik ra mendengar dari Jabir bin abdillah berkata:

“Kondisi masjid nabi dulu beratapkan dari batang batang pohon kurma.
Nabi jika berkhutbah berdiri ke sebuah batang pohon kurma, namun setelah beliau dibuatkan sebuah mimbar, beliau berkhutbah diatas mimbar tersebut dan tidak lagi dibatang pohon kurma itu,
Tapi tiba tiba kami mendengar pada batang pohon kurma itu sebuah suara seperti suara rintihan seekor unta yang sedang hamil 10 bulan, hingga kemudian nabi saw turun dari mimbarnya, lantas menaruh tangannya pada batang pohon kurma itu hingga batang pohon kurma itu tenang dan diam.
--------------------------------------------------------
Subhanallah…. La hawla walaquwata illa billah…


KOMENTAR ULAMA:

Hasan Bashri jika menceritakan kisah batang pohon kurma ini menangis seraya berkata:”Wahai manusia. Batang pohon kurma saja merintih merindukan Rasulullah saw meminta beliau agar kembali ke tempatnya… Kalian mestinya lebih merindukan pertemuan dengan Rasulullah saw” [Syarah Assyifa li Mula Ali Al Qari.3/63].


Imam Albaihaqy mengatakan:”Kisah rintihan batang kurma ini adalah kejadian nyata yang secara khusus diceritakan oleh ulama ulama kini dari ulama ulama salaf adalah bukti autentik bahwa terkadang benda mati oleh Allah dibuat memiliki insting seperti hewan. [Fathul Bari 6/603].


Dari Amr ibnu Sawwad, dari Imam Syafi’i, beliau berkata:”Allah tidak memberikan kepada seorang nabi-pun seperti yang diberikan kepada Rasulullah saw.

Aku berkata:”Tapi Dia berikan kepada Isa as mukzijat untuk menghidupkan orang mati?”

Imam Syafi’i menjawab:”Allah memberikan kepada nabi Muhammad saw suara rintihan batang kurma hingga terdengar, ini lebih besar dari pada yang diberikan kepada nabi Isa as. [sirah masjidin nabawi.116].

.....Bersambung


Semoga bermanfaat.
Salam Aswaja !!

©Scan Original & Official®
█║▌│█│║▌║││█║▌║▌║

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Bagikan